Ingin Jantung Anda Sehat? Yuk, Ketahui 6 Makanan Ini!

Memahami makanan untuk kesehatan jantung merupakan hal yang perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi vital yakni memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah darah tersebut sudah dibersihkan oleh paru-paru.

Lantas apa saja makanan yang bisa menyehatkan jantung? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Makanan yang dapat menyehatkan jantung 

Ada beberapa makanan yang dapat menyehatkan jantung dan perlu Anda ketahui. Adapun makanan selengkapnya sebagai berikut.

1. Buah dan sayuran 

Buah dan sayuran merupakan salah satu golongan makanan yang dapat menyehatkan jantung. Seperti diketahui ada beragam buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung kandungan antioksidan tinggi, kaya vitamin  A,B,C,D,E dan K, serta mineral seperti alpukat, jeruk, pepaya, raspberry, stroberi,  blueberry, blackberry, sawi, kangkung dan bayam yang baik untuk kesehatan jantung. 

2. Ikan berlemak 

Makanan selanjutnya, ada ikan berlemak yang mengandung kandungan omega 3. Seperti diketahui kandungan omega 3 sendiri dapat berfungsi mengurangi inflamasi pada jantung. Berikut beberapa ikan berlemak yang kaya akan kandungan omega 3  dan bisa Anda konsumsi untuk menyehatkan jantung. 

  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Ikan kembung
  • Ikan makarel
  • Ikan sarden 
  • Ikan Trout 
  • Ikan Haring

3. Biji-bijian utuh 

Biji-bijian utuh juga merupakan salah satu golongan makanan yang dapat menyehatkan jantung. Sebab di dalam biji-bijian terkandung kandungan serat, fitoestrogen, antioksidan, dan omega 3 yang tinggi. Berikut biji-bijian yang bisa Anda konsumsi untuk menyehatkan jantung.

  • Biji chia
  • Biji rami
  • Biji labu
  • Biji bunga matahari 

4. Kacang-kacangan 

Selain biji-bijian, kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, kacang Brazil, kacang merah, kacang lentil, kacang fava, kacang hitam, kacang mete, kacang pecan, kacang azuki, dan hazelnut juga dapat menyehatkan jantung karena mengandung tinggi serat, dan lemak baik.

5. Cokelat hitam 

Cokelat hitam juga merupakan makanan yang dapat menyehatkan jantung karena kaya akan antioksidan dan serat. Bahkan penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi cokelat hitam lima kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko diabetes, kolesterol, stroke, depresi dan penyakit jantung koroner hingga 60%.

6. Bawang putih

Selain cokelat hitam, bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung karena tinggi akan antioksidan dan berfungsi mengurangi peradangan pada saraf dan bagian tubuh yang luka. Menurut penelitian mengonsumsi ekstrak bawang putih setiap hari selama 2 bulan dengan dosis 600 mg hingga 1.500 mg dapat melancarkan penyumbatan pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung maksimal.

Demikian beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menyehatkan jantung. Selain makanan, Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin minimal tiga kali seminggu agar terhindar dari segala penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar